Selasa, 13 November 2012

Menulis Sastra di Blog Keroyokan



Ada beberapa media yang sering disebut sebagai Situs atau Blog keroyokan. Beberapa yang diminati banyak penulis di Indonesia antara lain : Kompasiana, Annida-online, Jendela Sastra dan juga Mediasastra.

Jika anda berminat atau sangat berminat menulis –terutama fiksi/sastra- ada banyak keuntungan dengan bergabung di situs atau blog-blog keroyokan tersebut. Minimal anda tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara agar tulisan anda dikunjungi dan dibaca orang, sebagaimana halnya jika anda mempublikasikan tulisan anda di blog anda sendiri (blog pribadi). Admin media dimana anda bergabung akan ‘menjualkan’ tulisan-tulisan anda.



Yang perlu anda lakukan adalah menulis sebaik-baiknya dan anda share-kan tulisan yang anda publikasikan di media tersebut ke situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.

Mungkin anda lebih ingin tulisan anda berkesempatan ‘mejeng’ di media konvensional seperti Koran atau Majalah. Tapi tak ada salahnya jika anda ‘titipkan’ juga tulisan-tulisan yang tak kunjung jelas nasibnya disana, ke media online. Terutama jika anda adalah penulis pemula.

Di blog keroyokan anda memang tidak akan mendapatkan apa-apa yang berhubungan dengan materi sebagai hasil untuk jerih payah anda, tapi media online dalam hal ini blog keroyokan bisa menjadi sarana untuk belajar mengembangkan diri dalam hal menulis secara lebih baik dengan segera. Karena anda bisa segera tahu seberapa diminatinya karya atau tulisan anda. Sedikit atau banyaknya minat orang terhadap tulisan anda setidaknya akan member gambaran kualitas karya anda.
Para pengguna blog keroyokan akan saling membaca tulisan masing-masing dan saling berkomentar, saling member saran atau kritikan. Jika sebuah karya berkualitas, maka dengan sendirinya pengunjung akan datang. Seseorang yang lebih dulu membaca akan memberitahu yang lain jika menemukan tulisan-tulisan yang memiliki daya tarik dan kualitas. Komentar dan kritikan akan sangat membantu seseorang yang belajar menulis.

Sambil melatih diri menulis, anda juga akan terdorong untuk menjadi produktif dan anda akan semakin tahu cara menulis dan seiring dengan itu, anda mampu menulis jauh lebih baik dari sebelumnya.

Membaca karya orang lain

Ingat juga bahwa anda juga harus membaca karya orang lain di blog keroyokan dimana anda bergabung. Bagaimanapun karya mereka akan menjadi referensi bagi anda. Setidaknya kita akan tahu bagaimana semestinya sebuah tulisan ditulis. Setiap anda membaca mereka, anda akan terbiasa untuk menilai tulisan itu sendiri.
Berikan apresiasi

Membarikan apresiasi berupa komentar merupakan hal yang sangat penting manakala kita bergabung dalam sebuah blog keroyokan. Sebagaimana anda, mereka tentu senang dengan datangnya komentar. Anda akan mengingat siapapun yang memberikan komentar pada tulisan anda. Hal serupa akan berlaku juga bagi mereka.

Sebuah interaksi akan mendekatkan anda pada mereka. Selanjutnya anda tidak akan merasa sendiri dan anda bisa saling berbagi dengan mereka.

Anda mengenal pembaca tulisan anda

Keuntungan lain belajar menulis di blog keroyokan adalah bahwa anda bisa mengenal orang-orang yang membaca tulisan anda. Anda bahkan bisa berteman dan berbagi berbagai macam hal dengan mereka. Hal yang tidak akan anda dapatkan di media konvensional, dimana anda tak pernah tahu siapa saja yang membaca tulisan anda.

Anda juga berkesempatan dikenal secara lebih luas bahkan ketika anda belum menjadi seorang penulis hebat. Mulailah mempertimbangkan untuk memulai menulis di media online terutama blog keroyokan. Ada banyak manfaat dan hal positif sebagai sarana belajar.
Mari menulis.
Load disqus comments

9 komentar